Anak Bosan di Rumah Selama Pandemi? Yuk Coba Beberapa Cara Berikut Ini

Anak Bosan di Rumah Selama Pandemi? Yuk Coba Beberapa Cara Berikut Ini


         

Pandemi saat ini  membuat saya melarang anak-anak bermain di luar rumah.  Paling hanya sebentar saat mereka ingin jajan. Ditambah lagi merek tidakpergi ke sekolah. Tentu bisa ditebak hasilnya. Mereka pastilah merasa bosan. 

Jadi selain berhadapan depan virus Covid-19, kita juga berhadapan dengan rasa bosan di dalam rumah yang ternyata bisa berakibat timbulnya Cabin Fever.  Cabin fever adalah munculnya perasaan sedih, bosan bahkan gelisah.

Jadi, dalam rangka mengusir kebosanan mereka anak selama di rumah aja, saya mencoba beberapa hal berikut.

1. Mengenalkan Pelajaran Seni

Untuk hal ini tidak terlalu sulit mencari ide, karena biasanya saya memanfaatkan tugas dari sekolah. Seperti si Kakak pernah membuat prakarya dari stik es krim, si Ade dapat tugas menggambar dan bernyanyi (walau susah sekali membujuknya) dan juga diseling dengan tugas olahraga seperti menirukan gerakan-gerakan hewan atau tumbuhan.

2. Bermain di Dapur

Saat ini, si Kakak sudah duduk di kelas 6 SD. Selama bahan-bahan tersedia, dia paling suka ke dapur. Saya suka ajak dia masak yang mudah-mudah tapi seru baginya. Kebetulan dia suka kalau diajak menghias pizza. Ya walau pun hasilnya tidak sehebat  Chef Renata tapi lumayanlah buat nemenin baca novel sambil minum kopi.

3. Memelihara Hewan

Jadi di awal-awal pandemi, saya itu pernah mencoba merawat kitten. Kebetulan  banyak kucing di sekitaran rumah. Kakak dan Adik suka. Serulah. Tidak tanggung-tanggung, empat ekor dan sayangnya semuanya berujung pada kematian. Hiks ...

Setelah empat kitten itu RIP, ada satu kitten yang menarik perhatian. Kitten tiga warna. Hitam, putih, oren. Kami beri nama TEMBUL. Belum sebulan mungkin usianya. Kali ini saya tidak tahu induknya yang mana. Jadi saat satu ekor terakhir RIP, Tembul ini sudah ada di teras. Dalam hati saya berucap, mungkin Allah SWT masih memberi kami kesempatan untuk merawat seekor kitten. Alhamdulillaah sampai sekarang Tembul tumbuh dengan sehat dan berhasil mengisi hari-hari anak saya dengan berlatih bertanggung jawab dan juga menumbuhkan kasih sayang dalam diri mereka.

4. Menonton Youtube

Anak-anak saya suka sekali dengan acara komedi. Jadi saya sering mengajak mereka nonton Mpok Alpa di youtube. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu sering juga dan yang pasti tetap diawasi.

Kadang juga saya lihat video tutorial atau pelajaran bersama mereka lalu kami coba bersama-sama.

5. Belanja Online Bersama

Ya namanya juga ibu-ibu, pasti harus belanja. Bukan hanya untuk senang-senang semata. Tapi juga karena memang perlu untuk memenuhi kebutuhan bersama keluarga. Saya belanja bisa secara offline dan juga online Di saat saya belanja online, anak-anak itu suka ikutan nimbrung. Jadi memang sengaja saya order apa yang mereka mau. Seperti jajanan, pakaian, mainan, alat tulis, tas sekolah buat persiapan saat mereka masuk sekolah nantinya.

6. Bermain di Dalam Rumah

Karena mereka terlalu kangen bermain di luar, saya kadang mengizinkan mereka bermain mainan yang biasa mereka mainkan di luar rumah. Seperti bola, demprak, ya terbatas juga mainnya karena luas rumah. Namun paling tidak, bisa sedikit membuat mereka melupakan rasa bosan.

Masalah seperti ini pasti juga dialami oleh ibu-ibu lain ya. Yang pasti kita harus tetap bersabar, doa dan ikhtiar agar terlepas dari pandemi ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anak Bosan di Rumah Selama Pandemi? Yuk Coba Beberapa Cara Berikut Ini"

Post a Comment

Tinggalkan jejakmu di sini :)
Maaf, mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Thanks.