Assalamu ‘alaikum. Apa kabar?
Semoga semuanya baik-baik dan selalau dalam naungan Allah Sunhanahu wata’ala.
Kali ini Elra mencatat cara
membuat daftar pustaka otomatis. Maklum, emak-emak, sudah kebanyakan lupanya.
Bukankah para ulama dulu mengatakan ‘tulisan adalah pengikat ilmu.’ #pembelaan diri atas artikel yang sudah jadul.
Sudahlah, aku sudahi saja basa
basinya. :)
Baca Juga:
Cara Mengubah Otomatis Daftar Isi di Ms. Word
Baca Juga:
Cara Mengubah Otomatis Daftar Isi di Ms. Word
- Klik Referensi
- Manage Sources
- Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Lalu, klik New
- Perhatikan gambar di bawah ini. Pada Type Of Source, tersedia beberapa pilihan, ada book, book section, jurnal article dan lainnya. di sini saya ambil Book.
- Setelah itu, isi Author (kasih centang Corporate Author , jika kita ingin memilih hasilnya berurutan. Misalnya. Dr. Fulan, bukan Fulan. Dr), title, year dan seterusnya. Lalu, klik Ok.
6. Maka akan muncul seperti
gambar di bawah ini. klik lagi New, jika ingin membuat daftar referensi yang baru.
Jika suatu saat kita mengetahui ada kesalahan, maka kita bisa memperbaikinya. Klik referensi yang ingin dituju di Sources Available in: Master List, klik Edit > OK.
Jika ternyata ada daftar referensi yang ingin dibuat telah tersedia di Sources Available in: Master List klik yang dituju dan klik copy. Maka otomatis akan muncul di Current List.
7. Selesai. maka akan muncul daftar-daftar referensi yang telah buat sebelumnya.
8. Pada Style, kita merubah jenis style yang dikehendaki. Saya kasih contoh dengan mengambil tipe ISO 690-Firt Element and Date. Jenis ini, nama dan tahun muncul dengan huruf tebal, seperti pada gambar di bawah ini.
8. Pada Style, kita merubah jenis style yang dikehendaki. Saya kasih contoh dengan mengambil tipe ISO 690-Firt Element and Date. Jenis ini, nama dan tahun muncul dengan huruf tebal, seperti pada gambar di bawah ini.
Wa'alaikumsalam mak Elra :)
ReplyDeleteheuheu selama ini saya selalu bikin dapusnya manual, ternyata ada cara otomatisnya. Syukran atas ilmunya mak, sangat membantu kalo mau lanjut kuliah lagi ntar :D
manual atau otomatis sama-sama pada diketik :) bedanya data referensi masih tersimpan manage sources, jadi kalau suatu saat perlu tinggal klik copas.
Deletesama-sama, terima kasih atas kunjunganya :)
kenapa aku baru baca ini sekarang yaaa...bukannya dulu pas jaman2 kuliah :D..
ReplyDeleteketemuannya kita baru sekarang .. :)
Deletewaahh..bermanfaat banget nih..biasanya bikin daftar pustakanya manual.. :)
ReplyDeleteTerima kasih
ReplyDelete